Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil Dan Cara Untuk Mengatasinya

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil Dan Cara Untuk Mengatasinya

Masa kehamilan adalah masa yang penting bagi seorang wanita. Apalagi untuk mereka yang baru pertama kali mengalaminya. Banyak hal baru yang terjadi dan sedikit banyak membutuhkan ilmu pengetahuan untuk memahaminya. 

Saat ibu hamil, keseimbangan hormon memang sedikit terganggu sehingga ada beberapa perubahan fisik maupun mental. Salah satu gangguan yang kerap terjadi adalah pembengkakan pada kaki. 

Lalu apa penyebab kaki bengkak saat hamil? Dan bagaimana Anda bisa mengatasinya dengan mudah? 
Temukan selengkapnya pada artikel ini yang akan membahas penyebab kaki bengkak saat hamil yang dirangkum dari berbagai sumber.

Penyebab umum dari pembengkakan kaki yaitu adanya cairan yang berkumpul yang kemudian tertahan di beberapa bagian tubuh, sehingga menjadi penyebab kaki bengkak saat hamil. Tak hanya itu, nyatanya selain terdapat cairan yang sudah berkumpul dan juga tertahan, masih terdapat berbagai enyebab lainnya yang nyatanya bisa menyebabkan kaki bengkak.

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil Dan Cara Untuk Mengatasinya

Inilah Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil

Dalam ulasan dibawah ini terdapat berbagai penyebab kaki bengkak saat hamil yang pastinya di ketahui dan di pahami dengan jelas, diantaranya yaitu adalah seperti berikut ini:

1.  Penumpukan Cairan

Pada ibu hamil, kaki yang bengkak itu terjadi disebabkan karena menumpuknya cairan yang berlebih di bagian kaki ibu. Tubuh akan cenderung mengumpulkan dan menahan cairan lebih banyak daripada sebelumnya. Sehingga, kaki akan tampak lebih bengkak apalagi saat digunakan beraktivitas yang terlalu berat.

2.  Beban Yang Berat

Diantara penyebab kaki bengkak saat hamil adalah dikarenakan oleh kondisi bagian kaki yang telah menerima beban jauh lebih berat dibanding biasanya. 

Hal ini disebabkan saat Anda sedang hamil, maka berat badan Anda akan terus meningkat drastis seiring atas  berkembang juga pertumbuhan janin yang ada di dalam kandungan. Dan demikianlah kenapa bagian kaki ibu hamil jadi lebih bengkak.

3. Aliran Darah Tidak Lancar

Terhambat dan tersumbatnya dari bagian pembuluh darah balik yang ada pada di bagian kaki adalah penyebab dari terjandinya pembengkakan di kaki. Karena adanya bagian pembuluh darah yang tersumbat, maka aliran darah ke jantung mengalami yang namanya gangguan. Dan akibatnya kaki akan membengkak karena kondisi tersebut.

4. Eclampsia

Eclampsia dapat diartikan sebagai usaha ibu untuk melawan plasenta dalam kandungan. Eclampsia merupakan sebuah penyakit yang terjadi pada ibu yang baru pertama kali hamil atau yang sudah empat kali hamil.

5. Kurang Gerak

Biasanya pada ibu hamil yang sudah mulai masuk trimester yang terakhir sering ada pada posisi duduk dan tidak banyak melakukan aktivitas, terutama aktivitas yang berat. Kondisi ini pasti membuat kaki menjadi bengkak. Mengapa? Ini disebabkan aliran darah yang ada di bagian kaki jadi tidak lancar, jadi kaki mengalami pembengkakan.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Setelah mengetahui beberapa penyebab kaki bengkak saat hamil, sekarang simak beberapa cara mengatasinya dengan mudah dan efektif seperti di bawah ini.
  1. Posisikan Kaki Lebih Tinggi
  2. Olahraga Ringan
  3. Hindari Duduk dan Berdiri Terlalu Lama
  4. Hindari Suhu Panas
  5. Jangan Terlalu Kecapekan
  6. Kurangi Garam
  7. Jauhi Sepatu Bertali
  8. Mengkompres Kaki
  9. Pemijatan
  10. Tidur Miring Ke Kiri
  11. Berjalan di Kolam Renang

Kaki bengkak yang dialami ibu hamil sebenarnya adalah bukan sebuah hal yang cukup berbahaya untuk kesehatan ibu hamil juga janin dalam kandungan, karena kondisi tersebut juga merupakan kondisi umum yang sering dialami oleh ibu hamil. Yang pasti tetap jaga kesehatan anada saat hamil.

0 Response to "Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil Dan Cara Untuk Mengatasinya"

Posting Komentar